20 Things 20 y.o Workers Must Know

Perhatian: Artikel berikut merupakan sebuah peringatan
Artikel berikut bukan merupakan artikel humor yang berisi lelucon belaka. Bukan juga artikel yang sama seperti artikel lain yang berisi saran untuk kamu berusia 20 tahunan. Artikel ini mungkin akan agak sedikit terlalu blak-blakan – jadi izinkan kami untuk mengatakan ini sebelumnya — #SorryNotSorry

 20 Hal yang Harus Diketahui Pekerja Berusia 20 Tahunan

Sekaranglah Waktu yang Tepat Untuk Memulai

Buang jauh segala ketakutanmu. Waktu akan terus berjalan dan setiap menit yang kamu lewati tidak akan bisa kembali. Jadi jadikan setiap waktumu berjalan dengan kegiatan yang bermanfaat. Sedini mungkin, bekerjalah sambil belajar sehingga dapat meningkatkan kualitasmu, mengembangkan kinerja dan tentu saja dapat membangun karir impianmu.

Kamu Tidak Berhak Untuk Apapun

Satu hal yang sangat tepat untuk menggambarkan Generasi Y adalah kebanggaan yang terlalu tinggi terhadap diri mereka sendiri. Padahal, kamu sebagai Gen Y, tidak ada apa-apanya. Jika kamu menginginkan sesuatu, jika kamu ingin menjadi orang hebat dan jika kamu ingin adanya perubahan, maka satu hal yang harus kamu lakukan adalah berjuang dari bawah agar bisa sampai ke puncak. No shortcuts to be a hero!

Bakatmu Terlalu Lebay

Beruntunglah jika kamu mahir dalam suatu bidang. Tapi ingat, bakat yang belum terasah, tidak peduli sehebat apapun bakat tersebut, jika kamu tidak menggunakan dengan baik atau bahkan kamu tidak menyadari bakat yang ada, hal tersebut hanya akan menjadi kesia-siaan belaka. Jika kamu tidak berusaha dengan keras, bakatmu tidak akan membantu untuk bertahan di dunia kerja. Belajarlah untuk menggunakan bakatmu agar kamu bisa memenangkan persaingan di dunia kerja.

Reputasi Menentukan Kualitas

Tidak masalah dalam bentuk online ataupun kertas, jika kamu mempunyai reputasi yang bagus maka kesempatan untuk direkrut oleh perusahaan akan semakin besar. Dalam rentang usia 20 tahun-an ini, perekrut tidak mempunyai informasi yang cukup tentangmu. Mereka hanya bisa mengetahui tentang dirimu hanya berdasarkan dari pekerjaanmu terdahulu yang kamu tulis dalam CV-mu. Bangun relasi dan reputasi yang baik dengan setiap orang yang kamu kenal.

Hidup Cuma Sekali, Jadillah Pribadi yang Mandiri

YOLO yang merupakan singkatan dari You Only Live Once, akhir-akhir sering dipakai oleh usia 20 tahunan untuk membenarkan segala tindakan yang mereka lakukan, walaupun tindakan tersebut tidak 100% benar. Memang betul hidup memang cuma satu kali, namun jangan jadikan hal tersebut sebagai pembenaran segala kelakuan anehmu. Justru sebalikanya, karena hidup hanya satu kali maka jadikan hidupmu bermakna. Jadikan YOLO sebagai motivasimu untuk tidak bertindak gegabah dan capai hal-hal tinggi di kehidupan dan karirmu.

Saatnya Kamu Untuk Mendengarkan

Tahan sebentar semangatmu untuk mengutarakan pendapat. Kita terlalu bersemangat dalam menyampaikan emosi sehingga sering kali bahwa mendengarkan itu lebih penting dari pada berbicara. Memasuki dunia korporat berarti kamu akan bekerja dengan para profesional yang usianya akan jauh diatas usiamu. Jadi diam dan dengarkan apa kata mereka. Dengan begitu kamu akan mendapat pelajaran yang berharga dari mereka.

Hiduplah Untuk Bekerja

Hiraukan segala suara yang mengatakan bahwa hidup bukanlah hanya sekedar untuk bekerja. Ungkapan tersebut hanyalah bagi mereka yang telah berusia 30 hingga 40 tahunan yang telah mempunyai kehidupan yang nyaman dengan posisi di top management. Untuk kita semua yang masih berusia 20 tahunan harus hidup untuk bekerja karena masih banyak hal yang masih harus dipelajari dan banyak yang harus dibuktikkan. Bekerja keraslah selagi muda sehingga di masa tuamu nanti akan berterima kasih atas kerja kerasmu.

Kamu Adalah Apa yang Kamu Kerjakan

Karena kamu adalah apa yang kamu kerjakan, atau paling tidak, apa yang kamu lakukan saat menghabiskan sebagian waktumu. Kegiatan yang kamu lakukan tersebut sedikit banyak akan mengatakan siapa dirimu sesungguhnya. Jadi, ya memang betul, kamu adalah apa yang kamu kerjakan.

Dirimu Bukanlah Bos Untukmu

Sudah jelas untuk menyarankan agar kamu tidak egois

Kenali Apa yang Menjadi Prioritasmu

Walaupun kamu hanya memegang satu posisi saja, tapi nantinya kamu mungkin akan mempunyai lebih dari satu peran. Di suatu waktu, hal ini mungkin akan membuatmu senang. Namun, jangan sampai hal ini membuatmu terlena. Kamu harus bisa menentukan mana yang menjadi prioritasmu. Dengan menentukan prioritas, kamu pun bisa mempunyai manajemen waktu yang baik.

Jangan Pernah Berhenti Untuk Belajar

Hidup merupakan proses pembelajaran. Pengetahuan yang terpenting, keahlian dan pengalaman yang akan sangat kamu butuhkan di dunia kerja telah tersedia di depanmu. Pelajari banyak hal sebanyak mungkin selagi kamu muda.

Kamu Butuh Seorang Mentor

Segala hal yang kamu temui tidak 100% benar. Pilihlah satu orang yang bisa menjadi guru terbaikmu dalam mengajarkan pelajaran mana yang benar dan mana yang salah.

Tidak Perlu Stress Berlebih

Stress sering dialami oleh banyak orang. Ada tekanan sedikit saja kamu akan merasakan stress. Sebenarnya di umurmu yang masih 20 tahunan ini, kamu masih belum pantas untuk stress. Tunggu sampai 10 hingga 20 tahun lagi kamu akan merasakan apa arti stress yang sebenarnya. Untuk saat ini, bersantailah saja!

Butuh Waktu Untuk Sendiri

Di masa muda saat ini kamu pastilah ingin bersosialisasi sebanyak mungkin. Namun, kamu harus tetap meluangkan waktu untuk diri sendiri lho. Gunakan waktu ini untuk menjernihkan pikiran dan fokus kepada apa yang kamu inginkan dalam hidup. Tapi walaupun begitu……

Kamu Butuh Teman

Dengan banyak alasan yang jelas kamu tetap harus mempunyai teman

Setiap Tindakanmu Mempunyai Konsekuensi

Setiap tindakan yang kamu lakukan, sekecil apa pun itu, pasti ada konsekuensi yang akan kamu tanggung. Dari mulai tindakanmu yang salah saat memberikan respon ke atasan, saat kamu telat datang rapat dan bahkan kesalahan berkata yang kamu ucapkan di kantor, semua tindakan tersebut akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan oleh lawan bicaramu. Saat kamu menyadari tindakanmu yang salah, pasti kamu akan merasa….

Akan Ada Penyesalan yang Kamu Rasakan

Dalam hidup, pastilah kamu membuat beberapa keputusan yang tidak tepat. Namun jangan khawatir, yang terpenting adalah kamu menyadari kesalahanmu tersebut dan belajar dari sana. Untuk meminimalisir penyesalan yang kamu rasakan, sebaiknya kamu melakukan…..

Memaafkan Dirimu Sendiri

Kamu tidak perlu terlalu menyalahkan diri sendiri saat kamu salah mengambil keputusan. Tidak peduli seberapa bagus hasil kerjamu di kantor, tidak peduli berapa banyak medali yang kamu raih, kamu akan tetap bisa melakukan kesalahan. Jadi, terima lah kesalahan yang kamu buat tersebut dan jadikan hal tersebut sebagai pelajaran dalam hidupmu.

Kamu Bukan Orang yang Istimewa

Memang banyak lagu yang sedang populer menyatakan betapa istimewanya dirimu. Namun, tahukah kamu bahwa lagu tersebut hanya omong kosong saja? Kamu tidak seistimewa yang digambarkan di lagu tesebut. Generasi millennial adalah generasi yang berlebih dalam hal membanggakan diri, padahal kenyataannya mereka tak setinggi seperti apa yang mereka bayangkan. Maka dari itu, sebaiknya generasi millennial sepertimu sudah harus menyadari bahwa kamu bukan menjadi pusat dunia dan tidak semua akan memperhatikanmu. Kamu tidak istimewa dan kamu sama seperti makhluk hidup lainnya. Ini memang sebuah kenyataan yang pahit, namun ada satu hal yang harus kamu ingat, yaitu….

Karena Kamu Cuma Satu

Ini bukan merupakan judul lagu dari sebuah band terkenal. Poin ini menjelaskan bahwa dirimu itu unik. Kamu memiliki apa yang kamu perlukan untuk mencapai kesuksesan dan itu berarti kamu tidak akan gagal. Usia 20 tahunan ini merupakan masa-masa yang paling formatif dan akan sangat mempengaruhi karirmu di masa depan. Jadi usahakan yang terbaik dan percaya bahwa kamu bisa. Semangat!