Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai : 6 Panduan Mengelola Gaji Untuk Karyawan Fresh Graduate dari situs Lokerjobindo, semoga informasi lowongan kerja ini bermanfaat bagi anda.

Perhatian !,
Mohon untuk selalu mengecek tanggal EXPIRED lowongan ( lihat bagian di bawah tata cara pendaftaran) karena apabila lamaran melebihan tanggal tersebut otomatis lamaran ditolak.
Kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap rekrutmen disitus ini apabila ada pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu PALSU.

Loading...

6 Panduan Mengelola Gaji Untuk Karyawan Fresh Graduate

Gajian baru satu minggu lewat, namun uang sudah habis. Selanjutnya kebingungan karena gajian bulan depan masih tiga minggu lagi! Oh no…
Ini adalah masalah yang biasa dialami para fresh graduate yang baru pertama bekerja dan masih merasakan euforia saat menerima gaji hasil jerih payah sendiri. 
Menikmati uang hasil bekerja memang tidak salah. Namun bukan berarti Anda tak punya rencana finansial. Rencana finansial ini penting untuk mencegah Anda “jatuh miskin” saat tanggal tua, termasuk juga untuk mempersiapkan masa depan nantinya. Tak mau kan, setelah bertahun-tahun kerja tapi tak ada hasilnya?
Ribet memikirkan perencanaan finansial? Tenang, semuanya akan lebih mudah jika Anda ikuti enam panduan mengelola gaji di bawah ini.

6 Panduan Mengelola Gaji Untuk Karyawan Fresh Graduate
6 Panduan Mengelola Gaji Untuk Karyawan Fresh Graduate

1. Buat Alokasi Dana
Mulailah berlatih membuat perencanaan keuangan setiap bulan, yaitu dengan membuat alokasi dana untuk pengeluaran apa saja yang dibutuhkan, misalnya berapa persen untuk menabung, berapa persen untuk bensin dan transportasi, berapa persen untuk bayar kost, tagihan kartu kredit, dan lain-lain.
Jangan lupa alokasikan juga berapa dana hiburan yang bisa Anda gunakan untuk nongkrong dengan teman-teman, sesekali makan di restoran fancy, beli baju baru, nonton di bioskop, dan sebagainya. Jangan sampai Anda terlalu ketat menyimpan gaji sampai-sampai tak bisa menikmatinya sama sekali.

Tapi ingat, stick to the budget. Kalau budget hiburan ini sudah habis, tahan lah keinginan untuk beli sepatu keren yang Anda lihat di mall.


2. Menabung Paksa
Biar sedikit, lama-lama menjadi bukit. Filosofi menabung ini bisa Anda terapkan, bahkan mulai dengan nominal yang kecil, misalnya memotong anggaran ngopi atau jajan. Namun yang lebih ideal menurut para perencana keuangan, sebaiknya jumlah tabungan bulanan adalah sebesar 30% dari total gaji Anda.
Agar uang di tabungan tak terpakai jajan, buka rekening baru yang khusus untuk menabung, dan simpan kartu ATM-nya di rumah agar Anda tak tergoda menarik uang. Minta juga ke bank untuk mentransfer uang secara autodebet dari rekening gajian Anda ke rekening tabungan setiap tanggal gajian, sehingga mau tak mau Anda akan “dipaksa” menabung tanpa harus melakukan apa-apa.

3. Tentukan Tujuan Keuangan
Anda tak akan bisa menabung secara efektif jika tak punya motivasi yang cukup kuat. Salah satu cara memotivasi diri adalah dengan menentukan tujuan keuangan, alias “mau dipakai apa uangnya?”.
Jangan gunakan tujuan abstrak seperti “untuk jaga-jaga” atau “untuk hari tua”. Tetapkan tujuan sespesifik mungkin, lengkap dengan deadline-nya. Misalnya, tujuan Anda adalah membiayai pernikahan tahun depan. Membeli mobil dalam waktu dua tahun. Membiayai orangtua naik haji dalam tiga tahun. Membeli rumah dalam lima tahun. Dan sebagainya.
Tujuan keuangan beserta deadline-nya juga akan membantu Anda melakukan perhitungan, berapa jumlah uang yang harus Anda tabung setiap bulan untuk mencapai hal tersebut.

4. Siapkan Dana Darurat
Usahakan miliki dana darurat di luar tabungan yang Anda miliki. Dana ini akan diperlukan bila terjadi sesuatu pada diri Anda ataupun orangtua, misalnya sakit, kecelakaan, atau butuh uang untuk membawa mobil ke bengkel, terutama jika Anda tak punya asuransi.
Dana ini bisa Anda sisihkan dari gaji kalau memang masih cukup, atau dari bonus dan tunjangan yang didapat dari kantor, maupun dari pemasukan sampingan lainnya.

5. Menabung Tak Sama Dengan Investasi
Investasi memiliki keuntunganyang lebih dibanding tabungan karena jumlahnya akan terus bertambah, dan setidaknya nilai uangnya tak akan menurun karena inflasi. Cocok untuk Anda yang memiliki tujuan jangka panjang, misalnya membeli rumah atau modal usaha saat pensiun. 

Jika Anda masih newbie soal investasi, coba berinvestasi di produk yang berisiko kecil, misalnya reksadana. Bisa juga berinvestasi lewat emas karena harganya yang cenderung stabil.

6. Cara yang Benar Memakai Kartu Kredit
Kartu kredit bukan kartu untuk berutang. Jika Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli sesuatu yang tak mampu Anda beli cash, ini artinya Anda sudah salah menggunakannya.
Anggap kartu kredit hanya sebagai alat ganti uang untuk transaksi yang memang tidak memungkinkan dilakukan cash, misalnya membeli sesuatu secara online. Kartu kredit juga bisa digunakan jika Anda mendapat keuntungan langsung, misalnya potongan harga di restoran atau tempat belanja.
Jika Anda ingin menggunakan kartu kredit untuk barang yang harganya mahal dan tak sanggup Anda bayar sekaligus, pastikan kartu kredit Anda menyediakan fasilitas cicilan nol persen sehingga Anda tak harus membayar lebih.
Dan yang terpenting, selalu bayar lunas tagihan kartu kredit setiap bulan. Bank memang mengizinkan Anda membayar hanya 10%, tapi ini berarti Anda harus membayar bunga ekstra setiap bulannya. Kalaupun Anda belum sanggup membayar lunas, setidaknya bayar setengahnya. Tapi sekali lagi, jika tagihan kartu kredit Anda besarnya melebihi apa yang bisa Anda bayar, berarti ada yang salah dengan cara Anda menggunakan kartu kredit.


Meski usia masih muda, bukan berarti Anda tak bisa menyiapkan masa tua. Semakin awal Anda memulai, percayalah, akan semakin cepat pula Anda meraih kemapanan.

6 Panduan Mengelola Gaji Untuk Karyawan Fresh Graduate Terbaru 2016

Situs kerja ini menyediakan info Desember 2016 dipersembahkan oleh Lokerjobindo yang dapat diperoleh via url http://www.lokerjobindo.com kemudian bagi anda yang merasa bermanfaat dan ingin menyebarluaskan silahkan untuk mengcopy lowongan kerja di atas,
Anda juga bisa mencari lowongan SMA dan lowongan BUMN tetapi kami mohon untuk dapat mencantumkan link sumber lowongan karena hal tersebut sangat berarti bagi kami.

PERHATIAN PENTING !!!
Kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap rekrutmen disitus ini apabila ada pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu PALSU.
HATI HATI TERHADAP PENIPUAN YANG BERKEDOK LOWONGAN KERJA
Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yg ditimbulkan dari kejadian tersebut.
Para Pencari Kerja Mohon Lebih Berhati Hati..

Mau Berlangganan Informasi Lowongan setiap hari ? Masukkan Email Anda

Situs lowongan kerja yang menyajikan info lowongan kerja resmi dari DEPNAKER dan sumber loker resmi terbaru lainya seperti CDC (Career Development Center) Universitas di seluruh Indonesia meliputi lowongan BANK BUMN CPNS terbaru tahun 2016.
Di bawah ini adalah info lowongan terkait yang sudah di himpun oleh kami, sebelumnya mohon cek kembali tanggal expire agar lamaran kerja bisa di terima oleh perusahaan.

Informasi 6 Panduan Mengelola Gaji Untuk Karyawan Fresh Graduate Terbaru 2016

Lulusan SMA SMK D3 S1 S2 Semua Jurusan Terbaru Desember 2016

Selanjutnya apabila anda merasa informasi Loker diatas bermanfaat bagi saudara silahkan untuk menyalin informasi yang ada di situs ini tetapi kami mohon untuk tidak menghapus link sumber yaitu dengan tetap meletakkan url situs yaitu http://lokerjobindo.com karena itu sangat berarti bagi perkembangan situs Loker Job Indo, sehingga kami akan selalu senantiasa memberikan info mengenai loker yang terpercaya kepada masyarakat di Indonesia, kemudian silahkan juga untuk melihat informasi mengenai lowongan terbaru di bawah ini.
Beranda item

Lowongan Kerja Terbaru[combine](21)